Thursday, June 1, 2017

Bebek Hitam Madura, Semua Pasti Bisa!

Saya kembali lagi dengan resep Bebek Madura!

Bebek Madura dengan resep andalan yang baru
Hahaha, obsesi banget kayanya ya. Yess, karena saya nggak terlalu puas dengan hasil bebek slow cooker, semata karena kurang "mbebeki". Bebeknya terlalu empuk sampai tulangnya bisa habis :D
Selain itu, banyak ibuibu yang kemudian bertanya ke saya: kalo nggak punya slow cooker gimana?

Nah, setelah percobaan berkali-kali dengan bebek, akhirnya saya merasa menemukan resep yang paling jitu dan mudah! Syaratnya cuma penuh kesabaran dan kerajinan dalam mengaduk si bebek di atas penggorengan aja. Mungkin mirip pembuatan rendang ya, tapi menurut saya ini masih lebih mudah. I still fed up with Rendang, minta aja atau beli jadi aja deh..

Kali ini saya mau share resep dengan versi sedikit berbeda, tapi nggak kalah mudahnya. Yuk buibu, disiapkan sekarang untuk menu berbuka puasa nanti. InsyaAllah nggak perlu dicicip udah pas takarannya :D

Dan karena memasaknya cukup lama, dan effortful, saya sarankan membuat sekaligus 2 resep bebek ini sekali masak. Awet di kulkas atau freezer kok.

RESEP BEBEK HITAM MADURA ALA IBU RANI:
1 ekor bebek ukuran sedang
Cuka Masak, secukupnya aja sampai semua bagian bebek terlumuri
2 batang serai, dikeprek
15 lembar daun jeruk, boleh lebih!
3 lembar daun salam
2 sdm air asam jawa
2 sdm gula semut
1 sdm garam laut
1 cup minyak kelapa
1 sdm kerisik atau pasta kelapa sangrai

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
8 siung bawang merah
15 buah cabai merah + 10 cabe rawit merah
1 batang serai
3 cm lengkuas
3 cm kunyit
3 cm jahe
1 sdt merica
2 sdt ketumbar
8 buah kemiri

Langkah Pembuatan:
  1. Lumuri bebek dengan cuka, diamkan minimal 30 menit atau sampai bau langu bebek hilang. Saya biasa mendiamkan minimal 3 jam atau semalaman. Setelah didiamkan, cuci bersih bebek dengan air. Sisihkan.

  2. Siapkan wajan besar. Masukkan minyak, disusul dengan bumbu halus, bebek, daun jeruk, daun salam, dan sereh. Aduk-aduk. 

  3. Tambahkan gula semut, air asam, dan garam. Aduk, campur, diamkan sambil diaduk berkala (agar tidak lengket di dasar wajan).

  4. Bila bumbu dan minyak sudah mulai tampak terpisah, tapi warna bumbu belum menghitam, tambahkan air sekitar 1 cup. Aduk kembali.
    Proses ini biasa saya lakukan 2x.

  5. Setelah bumbu mulai berwarna coklat tua, dan bebek sudah empuk, masukkan kerisik. Aduk kembali sampai bumbu matang seluruhnya dan warnanya sudah sangat gelap. 

  6. Matikan. Sajikan! Keseluruhan proses akan memakan waktu minimal 2 jam, rata-rata saya membutuhkan sekitar 3 jam untuk menyelesaikan hidangan ini. 
Bebek Madura ala Canary
Bebek Madura percobaan pertama

4 comments:

  1. Juara makkkk 3 jaaaam! Memang terlihat paripurna mak. Bisa dikirim aja nggak ke jogja? LoL. Btw what is kerisik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim jogja bisa maakkk! Aman ini di luar 2 hari juga. Hehehhee...
      Aduh kayanya lupa translate si kerisik. Itu maksudnya pasta kelapa sangrai itu lohh.. Bahasanya nggak umum kayanya ya? Hehehe

      Delete
  2. Itu maksudnya kelapa pasta, apa kelapa parut yanh disangrai itu, Mak? Diambil santannya dulu atau tidak? Mohon dijawab ya Mak, pingin banget bikin. Saya udah coba banyak resep bebek hitam yang berseliweran, tapi hasilnya belum memuaskan. Makasih Mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kelapa pasta sangrai yang biasa ada di pasar itu loh mak. Biasanya saya cuma bilang pasta kelapa sangrai aja ke tukang bumbu di pasar :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...