Sunday, April 16, 2017

Mengatasi Anak Sakit Tanpa Obat

Sejak Agira lahir, dan saya berusaha mempelajari berbagai ilmu alami, saya semakin jarang menggunakan obat-obatan kimia untuk mengatasi permasalahan kesehatan. Baik untuk saya, suami, Agira, sampai Ibu, Kakak, Adik, teman kantor, semua saya racunin pakai obat herbal.
Nah, kalau anak sakit, sebelum panik dan sebelum kunjungan ke dokter dibutuhkan, saya melakukan hal-hal berikut. Ini tips dari saya (berlaku mulai dari bayi banget sampai dewasa, kok).



  1. Luka Ringan, Luka Bakar, Luka Besar
    Saya termasuk orang yang mudah terluka (fisik dan hati, tsaaahh). Apalagi kalo kerja di dapur yakaaan, mulai dari keiris pisau, keparut, kena slicer (ngilu mak), kecipratan minyak, sampai masalah non dapur seperti kebeset sesuatu.

    Kebetulan anak saya juga sering jatuh (diindikasikan karena dia flat feet). Jadi lecet, benjol, itu sudah biasaaa sampe nggak ada rasa khawatir lagi.

    Untuk masalah ini, ada dua andalan saya: Aloevera Gel dari Serambi Botani yang asli manjurrr untuk menghentikan pendarahan, mengeringkan luka, dan membuatnya hilang kembali. Dulu sih awalnya pakai aloe gel buatan MLM bernama Perfect, tp krn susah dapetnya dan tetiba di Serambi Botani ada, jadi langganan deh. Ini must have item saya banget. Harganya pun nggak mahal, dan wanginya enak.

    Oia, dulu pernah ada tetangga yang jatuh ketika naik motor di depan rumah saya, dan kakinya memar parah! Sama Ibu saya dikasih Aloe Gel ini, langsung besoknya sembuh loh! Sampai Ibunya datang ke rumah untuk tanya kemarin anaknya dikasih obat apa. Hehehe...

    Must have item kedua untuk mengobati luka memar dll adalah Lavender Oil. Pada tau kan Essential Oils? Ada merk impor dan lokal juga. Awalnya saya pakai merk Young Living, yang lavendernya bisa untuk segala-gala masalah hidup bayi. Tapi kemudian ketemu yang lokal lebih murah, plus versi roll on: buatan Organic Supply.co
  2. Mengatasi Flu, Pilek, Batuk, Radang
    Dalam kondisi ini nggak enak banget rasanya mulut dan organ pernafasan. Sejak hamil, takut pakai obat kimia dan diberi tahu teman untuk minum jahe lemon untuk melegakan nafas, dan kemudian saya belanar bahwa jeruk nipis dan lemon memang obat untuk masalah tenggorokan!

    Jadi kalau saya atau anak sudah kelihatan tanda-tanda mau flu, saya minum lemon madu atau jeruk nipis madu, dan di air putih pun saya teteskan Lemon Oil atau Jade Lemon Oil (merk Young Living itu bisa dikonsumsi kok. Bisa dibaca aturan pakainya).

    Kemudian saya suka memijat anak saya. Berhubung dia nggak suka dipijat di baby spa tapi suka banget dipijat Ibunya. Andalan saya pakai Massage oil dari Sae Home Remedy. Ada oil for baby varian Breathe untuk mengatasi masalah pernafasan. Kalau sudah pakai ini, anak saya bakal anteng bin nyenyak tidurnya.

    Kalau sudah grok-grok atau sroot-sroot, andalan saya: RC essential oil buatan YL atau Relieve dari Organic Supply. Oles-oleh di dada dan punggung anak, biasanya dalam 2-3 hari sudah sembuh. Ibunya pun begitu. Atau diffuse di kamar supaya sehat sekamar (kejadian kalo satu sakit, suka ketularan semua kan)



    Tanpa oil, saya beri anak saya perasan kunyit dan jahe yang tentu manjur! Biar nggak keras banget, ditambahkan Madu aja. Dan karena anak-anak suka susah buka mulut untuk jejamuan, dijadikan minuman agak encer juga ndak papa. Tapi perasan asli tanpa tambahan air rasanya lebih makcleng gitu. Ini berlaku untuk orang dewasa juga loh.

    Sedikit ide, kalau masalah tenggorokan orang dewasa, bisa diatasi dengan mengunyah kencur juga. Ya, kencur. Emang agak nggak enak di mulut, tapi percayalah kalau ini lebih mujarab dibanding pakai obat lain.

    Lainnya, Peppermint oil tentu tetap jadi cadangan terbaik untuk masalah ini. Dan jangan lupa yang wajib: Air Putih!
  3. Demam sampai Panas TinggiDalam tahap demam awal, saya pakai jurus pijat juga. Pakai oil yang Shield Dari Organic Supply, tapi harus dicampur dengan carrier oil macam grapeseed, VCO atau Olive Oil dulu yaaa soalnya dia lebih tajam daripada oilnya YL (which jadi lebih hemaaat). Atau kalo mau ready to use juga ada varian Don't Get Sick dari Sae Home Remedy untuk mengusir virus-virus atau menambah kekebalan tubuh.

    Demam rupanya juga bisa diatasi dengan Lemon Oil. Jadi, saya oles-oles biasanya di pelipis, dahi, dan belakang telinga. Mayaaaan lebih wangi dan nggak pedes.

    Kalau sudah lebih tinggi (bahkan tinggi banget), sebelum diberi obat lain, saya lakukan Skin to Skin ke bayi. Ke bapaknya sih nggak usah ya. Biasanya nanti akan keluar keringat, lalu demam akan turun. Oia, ASI atau Susu Formula harus diberikan terus, dan kalau sudah boleh minum air putih harus dikasih terus menerus ya.
  4. Sakit PerutBuat saya, Jahe selalu jadi penyelamat ketika sakit perut. Selain itu, olesan Peppermint oil tentu juga membantu mengatasi rasa tidak nyaman dan kadang membantu pembuangan gas :D
Ps: Oil-Oil yang tidak saya beri link, umumnya saya beli via Tokopedia kok :)

2 comments:

  1. Naah ini nihh, yg aku udh pgn beli. Minyak2 essential kayak YL, aku suka bgt nyiumnya krn temen sekantor ada yg pake mba. Dan dia koleksinya lengkap bangetttt ampe pubya tempat khusus.. Trs ada difusernya jg.. Ihh ruangan kantor jd wangi deh krn dia :D. Tp memang mahal yaa 1 botolnya aj..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener mbak, wanginya emang semerbak banget dan awett. Dengan harga segitu cukup awet sih mbak, aku hampir setahun baru beli lagi untuk beberapa stok yang rutin dipakai spt RC dan lavender. Lainnya lebih lamaan :)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...