Monday, June 2, 2014

Hello 3rd Trimester

Whoaaa... ga nyangka udah sampai ke last journey di trimester kehamilan. Baru aja lewat bulan keenam dan masuk bulan ke 7.
Kalo teman-teman saya suka bilang, nanti pas masuk 7 -9 bulan pasti udah kepengen buru-buru ngelahirin deh. Soalnya udah berasa cape banget... hahaha
Some right, some no. Saya sih masih enak aja dengan keadaan si kakak ada di dalam perut, tapi memaaaang yaaa keluhan-keluhan baru mulai bermunculan.

Yang paling menyakitkan buat saya adalah keadaan tangan yang kaku, ngilu. Ah, pokoknya nggak enak sama sekali.
Awalnya, pas masuk bulan ke-6 hanya terasa kesemutan aja, mungkin karena ketindihan badan saat tidur (saya tidurnya otomatis miring, hehe...). Tak lama kemudian, saat masuk bulan ke-7, makin parah. Keempat jari di tangan kanan saya kaku, mati rasa. Nggak bisa diapa-apain. Alhasil, tiap pagi says musti kibas-kibas tangan sampai agak enakan, dan dipaksa bergerak. Itupun masih terasa macam kesetrum di pergelangannya. Kalau sudah super parah, saya cuma bisa diem sambil nangis, habis udah bingung mau diapain, hehe...

Pernah coba tanya ke teman-teman yang pengalaman hamil, katanya coba pijat refleksi aja atau rendam air hangat. Saya coba semuanya, nggak ada yang berhasil. Sampai akhirnya saya cek darah sesuai anjuran dokter, dan hasilnya menunjukkan kadar LED dan Fibrinogen yang di atas normal.
Sebelum beremu obgyn, saya sempat konsultasi sama dokter kantor, katanya kalau belum berkali-kali lipat masih bisa dikatakan aman lah (buat bumil), dan kakunya tangan says nggak ada hubungannya dengan itu. Awalnya saya percaya aja, tapi masih penasaran kenapa tangannya sakit sekali.

Kemudian, saya menemukan minyak yang wanginya seperti koyo - minyak gandapura. Kalau dioleskan itu ke tangan yang sakit, maka langsung terasa hangat dan sangat berkurang ngilunya. Tapi, begitu efeknya hilang, maka ngilu akan datang kembali,
Tak tahan dengan kondidi tersebut, saya akhirnya kembali ke obgyn (1 minggu lebih cepat dr jadwal konsul). Pas beliau lihat hasil darah, wakwawwww...kata dia itu udah ga normal. Dan kaku-kaku di tangan itu efeknya. Bahasa awamnya sih, saya mengalami pengentalan darah.

Obgyn saya meresepkan obat pengencer darah, yang setelah 3 hari saya konsumsi masih belum terlalu berasa efeknya. Mudah-mudahan sih dalam waktu dekat lekas pulih yaaa... karena nggak tahan banget sama sakitnya.
Oia, kalau pengentalan darah nggak diobati, bisa bahaya buat janin krn asupan nutrisinya kurang, jadi janin bisa tidak berkembang sesuai usianya.
Alhamdulillah sih anak saya masih bagus perkembangannya, mudah-mudahan sehat terus sampai nanti-nanti.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...