Thursday, November 3, 2011

...ketika dunia berjabat tangan dan bahu membahu...

Pada posting sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai Jembatan Anak Bangsa. Satu hal lagi yang ingin saya pastikan disini, bahwa gerakan ini pure independen. Tidak ada yang menjadi penguasa atau pemiliknya, walau memang ada penggagasnya dan tim "kompornya". Sehingga, apabila ada yang menanyakan "Siapa sih yang punya Jembatan Anak Bangsa ini?", jawabannya adalah "Siapapun yang memiliki kepedulian serta rasa kebangsaan dan kemanusiaan".
 
Mengenai perkembangan gerakan ini, saat ini saya bisa share beberapa hal yang cukup menarik, menyenangkan dan mengharukan.
 
Upcoming Event
Event yang diadakan dari dan untuk Jembatan Anak Bangsa adalah fund raising event yang dikoordinasi oleh Sekar Sosronegoro (@sosronegoro). Update sampai detik ini, kesempatan untuk mendaftar sebagai volunteer event masih dibuka. Deadline pengiriman email konfirmasi adalah sampai hari ini saja. So, besok tim yang settle sudah dapat mulai bekerja dengan maksimal. Yeaaay!
 
Fund raise event ini secara umum bertujuan untuk mengumpulkan donasi sebanyak-banyaknya, dalam rangka mewujudkan bantuan bagi Desa Cicaringin, Lebak, Banten. Namun, karena tujuan dari Jembatan Anak Bangsa adalah untuk membantu lebih banyak lagi, tentu saja diharapkan mendapatkan sejumlah dana yang berlebih (maksudnya nggak pas-pasan gitu...). Sehingga lagi, bisa jadi nanti akan diadakan event-event lanjutan... hehehe...
 
Event lainnya? Pastinya kita tidak akan pernah melupakan tim lapangan yang terjun langsung ke lokasi. Setelah diverifikasi dan mengetahui keadaan lokasi sebenarnya (dimana jembatan sudah diperbaiki, namun kita tetap akan memperkokoh), maka akan ada kunjungan kedua yang bertujuan untuk mevalidasi keadaan di lapangan. Tujuan validasi ini adalah untuk dapat memastikan bantuan seperti apa yang dapat kita berikan :)

On this occassion, terima kasih untuk Sekar Sosronegoro, Roni Pramaditia, tim Kompasdotcom, dan segenap volunteer yang sudah bersedia menyumbangkan ide dan pikirannya dalam mewujudkan kegiatan-kegiatan di atas.
 
Volunteering
Mengutip kata-kata Rene Suhardono pada malam pertemuan pertama gerakan ini, "Bisa jadi ini adalah tabungan kita menuju akhirat nanti." Sure! Bisa jadi bener banget, karena disini Jembatan Anak Bangsa tidak pernah menjanjikan apa pun. Sepeser pun tidak ada yang dapat diberikan bagi para volunteer, begitu pula sebaliknya tidak ada imbalan yang diharapkan oleh para volunteer tersebut.

Semata karena rasa kepedulian yang sangat tinggi terhadap sesama yang memungkinkan para volunteer ini tergerak untuk menyumbangkan tenaga dan pikirannya.

Volunteer opportunity Jembatan Anak Bangsa saat ini terbagi 3:
  1. Volunteer fund raising event, dimana job desc utamanya ya membantu kesuksesan acara fund raising nanti.
  2. Volunteer specialist, yang berisikan para ahli dan pegiat berbagai bidan seperti konstruksi bangunan, pendidikan, keterampilan guru, pendataan sosial, jurnalis, fotografer, dan siapapun yang dapat berkontribusi secara spesifik terhadap kegiatan Jembatan Anak Bangsa. Ada pula tim yang mendevelop website resmi JAB. Doakan semoga semua sukses ya! (Btw, by the time saya mengetik tulisan ini, diskusi mengenai nama website juga sedang berlangsung. Saya usul http://www.jembatananakbangsa.org/, yang setuju ngacuuuung! Hihihi...)
Untuk para relawan dan relawati yang ingiiiiin sekali berkontribusi tapi belum sempat melaksanakannya sekarang, Jembatan Anak Bangsa tentu akan terus membutuhkan bantuan dan support semuanya. We'll keep you updated apabila volunteering opportunity-nya sudah jelas. Quick update, tim JAB akan berusaha menjembatani segala minat dan bakat yang ada pada satu kesatuan yang lebih "settle".


Donasi dan Bantuan
Saat ini, tim JAB masih dalam proses peresmian yayasan yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mendapatkan lisence organisasi tersebut. Hal ini juga menyebabkan tim JAB belum dapat membuat Bank Account atas nama yayasan. Sehingga, untuk donasi saat ini dapat disalurkan melalui rekening BCA no 7310163591 an/ Dwirani RH cabang PIM 2.

Mohon maaf bagi semua pihak, yang mungkin merasa kurang nyaman untuk menyalurkan donasinya melalui rekening tersebut, silakan menunggu sampai bank account yang baru dapat dibuat :)

Bantuan lainnya dalam bentuk barang seperti buku pelajaran, buku pengetahuan anak, pakaian sekolah, pakaian bekas layak pakai (sangat layak, yaa...), alat tulis, dan semua yang sekiranya dapat membantu meringankan beban anak-anak Indonesia, silakan disalurkan pada tim Jembatan Anak Bangsa.

Update lagi, saat ini komunitas Bike to Work (atau bike yang lainnya ya?) sudah menyatakan kesediaannya menyumbangkan 100 buah sepeda untuk anak-anak di Desa Cicaringin. Can't help to shed a tear for them... Tears of happiness yaaa.
Thanks! You're awesome!!

Organization Update
Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas bahwa pembentukan yayasan sedang diusahakan. Mengapa perlu dibuat yayasan? Karena untuk mempertahankan kesinambungan dan juga pergerakan yang lebih terorganisir di masa depan :)

Such a great idea of Jembatan Anak Bangsa. Gerakan ini sudah mampu men"jembatan"i puluhan, ratusan, mungkin ribuan manusia lainnya untuk membantu sesama. Keep the spirit up!
Semoga Jembatan Anak Bangsa dapat menjalankan fungsinya, sebagai jembatan menuju masa depan yang lebih baik!

3 comments:

  1. Hi Mbak Rani, aku Deva. Aku juga udah mencalonkan diri jadi volunteer di JAB ini via Sekar dan Dinda Kamil. Semoga kegiatan ini berjalan dengan sukses ya. Aamiiin :)

    ReplyDelete
  2. @FahryB Thanks ya :)

    @ladeva waaahhh, great banget! Bisa jadi nanti kita satu tim yah. Aku juga ikut jadi volunteer event. Amin amin amin, semoga nggak cuma acaranya yang sukses, tapi juga JAB ke depannya sukses!

    See you, guys!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...