Monday, August 29, 2011

99 Cahaya di Langit Eropa by Hanum Salsabiela & Rangga Almahendra

Cover buku
Buku ini saya beli secara tidak sengaja, hasil melihat-lihat di Gramedia Gandari City. Saya memang selalu tertarik pada novel-novel perjalanan dan tulisan mengenai perjalanan.

Tagline buku ini yang cukup menggelitik rasa ingin tahu saya, "Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa". Sebagai muslim yang masih belum banyak tahu dan ingin tahu banyak, apa yang ditawarkan oleh buku ini melalui covernya sudah cukup menarik. Terlebih, dengan resensi di bagian belakang yang makin menggelitik rasa ingin tahu saya, hingga akhirnya saya memutuskan untuk membelinya.

Singkat kata, buku ini sepertinya menjadi buku tertebal pertama yang saya habiskan dalam waktu satu hari saja. Bukan karena ukuran huruf yang digunakan ternyata melebihi 14pt, hahaha... Tapi memang gaya bahasa yang digunakan sangat lincah dan mudah dicerna, serta kisah yang mengalir dan sangat menarik sehingga sulit rasanya untuk berpaling dari buku ini walau sedetik *duileee...*

Melalui buku ini, InsyaAllah kaum muslim di belahan dunia manapun akan makin jatuh cinta pada agamanya. Bagi kaum non-muslim pun, buku ini akan menyuguhkan suatu kisah sejarah yang anti-mainstream alias menguak banyak kisah yang mungkin tidak dituliskan dalam kisah sejarah lainnya antara lain mengenai museum Louvre (yang terkenal karena novel Da Vinci Code), negara Austria, Mezquita, Hagia Sophia, hingga Napoleon Bonaparte. Selain itu, pembelajaran mengenai menjadi 'Agen Muslim yang baik' meyakinkan saya bahwa masih ada optimisme untuk mengembalikan citra agama Islam di mata dunia.

Kisah sederhana dengan efek luar biasa, menurut saya. Buku ini sangat layak dibaca dengan segala keindahannya. Bagi saya, buku ini bernilai 10 dari skala 10. Dengan sedikit tambahan mengenai detail gambar yang diceritakan dalam buku (misalnya foto) maka buku ini dapat bernilai 15! :)

Happy reading!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...